Daftar Calon Pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto

Daftar Calon Pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto

Marsekal Hadi Tjahjanto secara resmi menjadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmatyo. Dengan demikian posisi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) saat ini kosong.

Hadi mengaku belum menyiapkan penggantinya. Dia hanya bocor ada tiga kandidat yang akan dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pengganti Kasau belum tersedia, jadi ada tiga kandidat dan itu adalah hak Presiden untuk memilih,” kata Hadi setelah dilantik oleh Presiden selaku Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12).

Hadi mengatakan, posisi Kasau segera terisi. “Tidak terlalu lama, karena kita sedang dalam proses,” kata lulusan Akademi Angkatan Udara 1986 tersebut.

Saat ini ada empat bintang tiga di udara:

1. Wakil Marsekal Madya Yuyu Sutisna

Marsekal TNI Yuyu Sutisna saat ini berusia 55 tahun. Dia adalah perwira berpangkat tinggi sejalan dengan Hadi (1986). Ia juga menjabat sebagai Komandan Komando Operasi Angkatan Udara I dan Danlanud Iswahyudi. Pada tahun 2001, Yuyu menyambar lencana 2000 jam terbang dengan F-5 Tiger II.

2. Kepala Badan SAR Nasional Marsda M Syaugi

Marsekal Militer Muhammad Syaugi adalah lulusan terbaik Akademi Angkatan Udara pada tahun 1984. Posisi yang dia hadiri antara lain Panglima Angkatan Udara Iswahyudi, Pangkoopsau I dan Direktur Jenderal Renhan Kemhan.

Dalam karirnya, pria berusia 56 tahun ini selalu menunjukkan prestasi cemerlang. Setiap operasi penerbangan membuat orang kagum dengan keahliannya dalam terbang F-16 Fighting Falcon.

Selain itu, prestasinya meliputi Aerobatik Blue Eagles di ‘Opposing Solo’ yang tampil memukau di Indonesian Air Show (IAS) pada tahun 1996 di Bandara Soekarno Hatta, serta selebaran 2000 jam dengan pesawat F-16 Fighting Falcon.

3. Wakil Gubernur Lemhannas Marsekal Madya Bagus Puruhito

Marsekal Madya Bagus Puruhito adalah perwira Angkatan Udara berpangkat tinggi yang lulus dari Akademi Angkatan Udara pada tahun 1984. Ia menghadiri Sekbang dan lulus (Wing Day) sebagai pilot pada tahun 1985 dan menghadiri Seskoau pada tahun 1998.

Bagus telah menduduki sejumlah posisi, antara lain menjadi ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, dia juga diyakini sebagai Danlanud Halim Perdanakusuma, Kaskoopsau I, Dankodikau, Pangkoopsau I, Asops Kasau dan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara.

4. Sekretaris Jenderal Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja

Marsekal Hadiyan Sumintaatmadja adalah lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) pada tahun 1983. Hadiyan sekarang berusia 56 tahun. Ia menjabat sebagai Danlanud Adisutjipto, Sekretaris Kemsetneg, Pangkohanudnas dan perwakilan Kasau.

Baca juga berita terkini lainnya di MerdekaSeo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!