KISAH PULAU HUKUMAN BAGI YANG HAMIL DILUAR NIKAH

KISAH PULAU HUKUMAN BAGI YANG HAMIL DILUAR NIKAH

KISAH PULAU HUKUMAN BAGI YANG HAMIL DILUAR NIKAH – Hingga awal abad ke 20 Menjadi remaja putri di uganda hidup dalam bayang-bayang hukuman yang mengerikan. Bila melakukan kesalahan yang dianggap melakukan aib seperti hamil diluar nikah. Maka pulau hukuman terpencil menjadi malapetaka bagi wanita malang disana. Pulau hukuman ini disebut akampene lokasinya ditengah danau bunyonyoi yang dalam.

Suasana pulau hukuman digambarkan sering berkabut terutama saat matahari belum muncul. Didalam suasana mencekan itulah para perempuan yang dianggap telah membawa aib bagi keluarganyha tinggal. Dipulau inilah ajal mudah menjemput bagi para perempuan yang jadi korban hukuman keji.

Ada yang memilih menceburkan diri kedanau dan membiarkan dirinya tenggelam sampai ke dasar. Ada juga yang terenggut nyawanya karena kelaparan akut serta dingin yang menusuk. Setiap kematian juga turut merenggut nywa sang janin di dalam rhim para korban.

Ada seorang gadis yang berusia 12 tahun yang bernama Mauda kyitaragabirwe. Masa remaja yang seharusnya dilalui dengan bahagia tetapi harus hilang karena hamil diluar nikah. Padahal usianya baru menginjak umur 12 tahun tapi hukuman adat tetap harus dijalankan oleh mauda.

Mauda sempat merasa kesepian,kelaparan dan kedinginan yang amat sanget selama dibuang ke pulau hukuman. Beruntung pada suatu hari seorng nelayan datang dan meminta mauda ikut pulang kerumahnya.

Mauda sempat ragu dan khawatir kalau sang nelayan hanya penipu. Namun nelayan tersebut mengatakan kalau ia ingin memperistri mauda dengan kata lain menyelamatkan nyawa mauda. Mauda akhirnya menurut dan hingga di usianya yang meningak kepala delapan ini. Ia masih diberi kesempatan untuk hidup bersama para anak dan cucunya.

Selama separuh pertama dari hidupnya ia masih melihat bagaimana tradisi menikahkan anak. Yang masih perawan dibumbui tujuan yang materialistis demi mendapat uang mahar. Mahar ini penting untuk meningkatkan ekonomi keluarga dari pihak perempuan. Akibat mauda tak lagi perawan saat menikah dengan suami yang sangat dia cintai itu ia tak memperoleh mahar sepeser pun.

Cumapoker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!