SATU KELUARGA KERACUNAN SETELAH MAKAN JAMUR LIAR

SATU KELUARGA KERACUNAN SETELAH MAKAN JAMUR LIAR

SATU KELUARGA KERACUNAN SETELAH MAKAN JAMUR LIAR – Satu keluarga di desa Rajasari kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara. Diduga mengalami keracunan usai mengkonsumsi jamur liar. Jamur tersebut diolah dengan dioseng, lantas dicampur dengan mi telur untuk disantap bersama sekeluarga. Nahas empat anggota keluarga mengalami gejala serupa merasakan mual, muntah dan diare.

Kasih Keperawatan RSUD Banjarnegara Herry Purnomo mengatakan gejala keracunan. Itu awal mula dialami tiga anggota keluarga usai menkonsumsi jamur liar yang diolah bersama mi telur. Mereka sempat berobat ke mantri desa namun kondisinya belum juga membaik. Mantri lantas merujuk berobat ke Puskesmas Wanadadi.

“Di Puskesmas tersebut, korban langsung ditangani tenaga medis dengan dipasang infus. Kemudian dirujuk ke RSUD. Sampai di IGD pukul 14.30 WIB, “kata Herry

Musibah itu dialami keluarga Sutarno. Awal mula kejadian, kepala keluarga, Sutarno mencari jamur di kebun milik saudara. Ia melihat jamur tumbuh subur di jerami. Ia lantas memetik jamur segar berukuran kecil dan bewarna putih kecoklatan dan membawa pulang ke rumah.

Sampai di rumah, Sutarno menyerahkan jamur itu kepada istrinya, Marni agar diolah. Sebelum diolah marni mencuci terlebih dulu jamur itu sambil diremas. Ia kemudian merebus jamur itu selama dua jam lalu dicuci kembali.

Menantu Marni, Fitri lantas memasak jamur rebusan itu dengan cara dioseng. Ia mencampurnya dengan mi telur yang dimasak bersamaan. Setelah matang, menu itu dihidangkan untuk santapan keluarga.

Fitri adalah orang yang pertama menyantaposeng jamur dan mie. Disusul anggota keluarga yang lain marni,dan suaminya rahmanto. Beberapa saat kemudian ketiganya tiba-tiba merasakan gejala mual, muntah dan diare.

Musibah itu, ternyata tak diketahui Sutarno. Ketika baru pulang dari kebun selepas zuhur, ia ikut menyantap oseng mi dan jamur yang tersaji di meja. Ia pun akhirnya mengalami gejala sama lantas dilarikan ke RSUD Banjarnegara menyusul anggota keluarganya lain.

Keluarga biasanya mengkonsumsi jamur jenis yang sama. Kondisi korban saat ini berangsur membaik setelah menjalani perawatan medis.

Cumapoker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!